Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Monday 10 April 2017

Mengatasi Muncul Pesan FTP Saat Instal Theme atau Plugin di Wordpress

Mengatasi Muncul Pesan FTP Saat Instal Theme atau Plugin di Wordpress



Assalamualaikum Wr. Wb.

PENGERTIAN

WordPress adalah sebuah aplikasi sumber terbuka (open source) yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog (blog engine). WordPress dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan basis data (database) MySQL. PHP dan MySQL, keduanya merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source software).

LATAR BELAKANG

Ingin mengatasi masalah yang sering terjadi di dalam Wordpress.

MAKSUD & TUJUAN

Mengatasi masalah pesan FTP yang muncul saaat proses instal theme atau plugin.
 
ALAT & BAHAN
  • LAPTOP/PC
  • Text Editor
  • Browser  

PEMBAHASAN

Ketika instal plugin di wordpress permasalahan berikut akan sering muncul seperti pada pengguna Linux Mint (Ubuntu 14.04 LTS). Sebagai contoh akan muncul gambar seperti berikut ketika akan melakukan instalasi plugin mapun themes di WordPress.

Hal tersebut terjadi karena user selain root tidak berhak untuk membuat atau memasukkan folder ke dalam folder wp-content, permasalahan ini jg sering berlaku pada web server yang anda gunakan baik webserver localhost maupun webserver hosting. Jika menggunakan webhosting anda tinggal lakukan pengaduan ke admin hosting untuk memperbaikinya, tetapi apabila anda menggunakan localhost hal tersebut adalah solusinya.

Tambahkan sintaks berikut pada wp-config.php pada folder web anda. 

define('FS_METHOD', 'direct');

letakkan sintaks di atas pada baris paling bawah wp-config.php

Kemudian refresh kembali wordpress anda pada browser. Apabila dengan cara tersebut masih tidak bisa, maka yang harus dilakukan adalah memberikan hak akses terhadap wp-content anda
dengan sintaks di bawah ini. Sintak ini digunakan untuk pengguna Linux melalui terminal.



chmod 777 -R wp-content


pastikan anda masuk pada direktori wp-content. perintah ini digunakan agar user dapat membuat/menambah folder atau file pada wp-content. Sedangkan untuk pengguna Windows silahkan langsung masuk pada direktori wordpress yang diinstal di lokal komputer. Klik kanan pada folder wp-content kemudian atur previlege hak ases agar bisa full akses pada tab security dan centang full control pada user yang diinginkan.

Kemudian coba refresh kembali wordpress anda dan wordpress akan kembali normal seperti biasa. Berikut adalah tampailan ketika saya sukses mengintasl plugin dengan cara di atas.


Demikian pembahasan dari saya, kurang lebihnya mohon maaf, jangan lupa share dan ikuti.

Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.
   

1 comment:

  1. mantap vroooh sangat bermanfaat ,,, tapi tolong artikelnya di perjelas

    Kunjungi balek gan www.frmn28-vlog.tk

    ReplyDelete

Adbox