Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Friday 24 February 2017

How To Add Google Search Engine in Linux Mint

Assalamualaikum Wr. Wb.


Hai kawan, pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menambahkan google search engine di Linux Mint. Nah dari pada bikin penasaran langsung saja berikut tutorialnya.

PENGERTIAN

Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google Search adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia maya. Sekian ratus juta kueri dimasukkan setiap harinya oleh para peselancar web melalui berbagai macam layanan yang disediakan.

Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank". Google Search memberikan banyak pilihan pencarian kustom dengan operator Boolean seperti: pengecualian ("-xx"), alternatif ("xx OR yy"), dan kartu liar ("x * x").[7]

LATAR BELAKANG

Mesin pencari di dalam sebuah browser itu secara defaultnya merupakan bawaan dari browser tersebut. Mesin pencari itu berguna untuk memudahkan bagi pengguna internet untuk mengakses apa yang dia cari/inginkan. Kadang mesin pencari di dalam browser itu tidak memudahkan bagi penggunanya untuk mencari yang dia inginkan, melainkan mempersulit bagi pengguna internet tersebut. Dengan adanya google search ini berfungsi untuk memudahkan bagi pengguna internet untuk mengakses apa yang dia inginkan.

MAKSUD & TUJUAN

Tujuan utama Google Search adalah mencari teks di dokumen-dokumen publik yang tersedia di server web (dalam format HTML, PDF, etc.), berbeda dengan data-data lain yang dapat dicari menggunakan layanan semacam Google Image Search. Google Search awalnya dikembangkan oleh Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1997. Google Search menyediakan sedikitnya 22 fitur istimewa selain pencarian kata, yaitu sinonim, ramalan cuaca, zona waktu, pergerakan saham, peta, data gempa, jadwal bioskop, bandar udara, daftar rumah, dan skor olahraga. Ada pula fitur istimewa untuk penanggalan, termasuk rentang angka (70..73), harga, suhu, konversi mata uang ("10.5 cm in inches"), perhitungan ("3*4+sqrt(6)-pi/2"), pelacakan paket, paten, kode wilayah, dan penerjemahan bahasa. Pada bulan Juni 2011, Google meluncurkan "Google Voice Search" dan "Search by Image" yang memungkinkan pengguna mencari sesuatu dengan perintah suara dan gambar, Bulan Mei 2012, Google memperkenalkan fitur pencarian semantik Knowledge Graph untuk kawasan Amerika Serikat.

Frekuensi pemakaian sejumlah kueri pencarian telah mencapai tingkatan volume tertentu yang menunjukkan tren ekonomi, sosial, dan kesehatan yang lebih luas. Data mengenai frekuensi pemakaian kueri pencarian di Google (tersedia melalui Google Adwords, Google Trends, dan Google Insights for Search) telah dipakai untuk mengaitkan wabah flu dengan tingkat pengangguran dan menyampaikan informasi lebih cepat daripada metode reportase tradisional dan survei pemerintah.

ALAT & BAHAN

Adapun alat dan bahan yang dibutuhkan dalam menambahkan Google Search engine ini ke dalam browser kalian.
  • PC/Laptop
  • Koneksi Internet


PEMBAHASAN

Pertama buka browser anda yang belum memiliki google search engine, contoh kalo di linux itu firefox. 


Kemudian masuklah ke Preference yang terletak di dalam menu pojok kanan atas. 


Langkah selanjutnya pilih menu "Search" kemudian pilih "Add more search engines".


Langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti di atas, kemudian scroll ke bawah dan temukan icon google seperti pada gambar di atas.


Klik icon google tadi, kemudian akan muncul tampilan website resmi linux mint seperti di atas. Dan perhatikan baik baik pada Search Engine pada firefox, disana muncul icon (+). 


Klik tanda tersebut, dan lihat apakah google search engine sudah muncul atau belum, jika sudah klik icon google tersebut.


Kemudian kembali lagi ke menu preference tadi, dan di menu search tambahkan google search engine yang telah kita tambahkan di proses sebelumnya.


Yang terakhir restart firefox, kemudian lihat hasilnya, silahkan dicoba.

Mungkin itu dulu dari saya kurang lebihnya mohon maaf.

Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Referensi








No comments:

Post a Comment

Adbox