Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Random Posts

Banner

Breaking

BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Monday, 24 April 2017

Memunculkan Pesan Error PHP di Linux

Memunculkan Pesan Error PHP



Assalamualaikum Wr. Wb.
Hai Sobat, pada kesempatan ini saya akan menjelaskan tentang masalah yang sering terjadi ketikan kita ngoding dengan menggunakan bahasa pemrograman php. Untuk lebih jelasnya simak berikut ini.

PENGERTIAN

PHP dikenal sebagai salah satu bahasa pemrograman web yang paling easygoing. Dari segi aturan mainnya tidak sesulit bahasa pemrograman lainnya, akan tetapi pada akhirnya sama aja bikin pusingnya ketika baris-baris program website kita menjadi error. Nah, kali ini izinkan saya sedikit membagikan beberapa macam error pada PHP yang cukup sering terjadi biar kita bisa perbaiki.

LATAR BELAKANG

Saat kita menkoding web seringkali kita typo atau lupa dalam menuliskan sintak-sintak tersebut, wajarlah kita manusia. Dan saat dijalankan kadang kesalahan tersebut tidak terlihat, akibatnya file tersebut tidak bisa dijalankan. Dengan kita memunculkan pesan error yang ada di dalam php tersebut kita bisa melihat kesalahan yang telah kita lakukan.

MAKSUD & TUJUAN

Dapat memunculkan pesan error yang terjadi di dalam file php disaat kita menjalankan file tersebut.

ALAT & BAHAN

  • PC/Laptop
  • OS Linux
  • Terminal
  • Text Editor

PEMBAHASAN

Pertama buka terminal terlebih dahulu "Ctrl + Alt + t"


Masuk sebagai super user (masukkan password). Kemudian masukkan perintah berikut "nano /etc/php5/apache2/php.ini" Untuk masuk ke konfigurasi phpnya. 

Nb :
- Untuk pengguna php 5.6 keatas dengan memasukkan perintah berikut "nano /etc/php/php5.6/apache2/php.ini" jadi direktorinya terletak di dalam folder php.


Kemudian akan masuk ke file php.ini, kemudian tekan "Ctrl + w" dan masukkan display errors untuk mencari dimana tempat display errornya.



Pada setelan default display errors terlihat Of, maka dari itu pesan error tidak keluar di dalam browser kita. Ganti "display errors = Off" menjadi "display errors = On" ingat o nya besar.




Setelah di ganti simpan file, kemudian restart service apache2nya.



Kita coba menjalankan file php yang error, lalu lihat hasilnya.


Mungkin itu dulu dari saya kurang lebihnya mohon maaf. Semoga bermanfaat
Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.


No comments:

Post a Comment

Adbox