Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Random Posts

Banner

Breaking

BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Friday, 17 February 2017

Pengertian RPL


Assalamualaikum Wr. Wb.


PENGERTIAN

RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) atau Software Engineering adalah salah satu jurusan atau profesi yang mempelajari tentang software/perangkat lunak baik dalam pengembangan, pemeliharaan, maupun manajemen kualitas dari perangkat lunak tersebut. Dalam RPL memiliki beberapa kriteria-kriteria sebagai berikut.

Berikut Adalah Kriteria Dalam Rekayasa Perangkat Lunak
  1. Dapat terus dirawat dan dipelihara (maintainability)
  2. Dapat mengikuti perkembangan teknologi (dependability)
  3. Dapat mengikuti keinginan pengguna (robust).
  4. Efektif dan efisien dalam menggunakan energi dan penggunaannya.
  5. Dapat memenuhi kebutuhan yang diinginkan (usability).

LATAR BELAKANG

Seiring perkembangan teknologi, kualitas software juga harus diperhatikan. Software/perangkat lunak merupakan bagian yang terpenting dalam sebuah teknologi. Tanpa adanya software tersebut hardware tidak mungkin bisa berjalan dengan sempurna. Kita mengetahui bahwa merawat, memelihara, maupun mengembangkan sebuah software itu sangatlah penting bagi berkembangnya suatu teknologi.

MAKSUD & TUJUAN 

Secara khusus kita dapat mengetahui tujuan dan Rekayasa Perangkat Lunak ini adalah:
  1. Memperoleh biaya produksi perangkat lunak yang rendah.
  2. Menghasilkan pereangkat lunak yang kinerjanya tinggi, andal dan tepat waktu
  3. Menghasilkan perangkat lunak yang dapat bekerja pada berbagai jenis platform
  4. Menghasilkan perangkat lunak yang biaya perawatannya rendah
Berikut Adalah Ruang Lingkup Rekayasa Perangkat Lunak
  1. Software Requirements berhubungan dengan spesifikasi kebutuhan dan persyaratan perangkat lunak.
  2. Software desain mencakup proses penampilan arsitektur, komponen, antar muka, dan karakteristik lain dari perangkat lunak.
  3. Software construction berhubungan dengan detail pengembangan perangkat lunak, termasuk. algoritma, pengkodean, pengujian dan pencarian kesalahan.
  4. Software testing meliputi pengujian pada keseluruhan perilaku perangkat lunak.
  5. Software maintenance mencakup upaya-upaya perawatan ketika perangkat lunak telah dioperasikan.
  6. Software configuration management berhubungan dengan usaha perubahan konfigurasi perangkat lunak untuk memenuhi kebutuhan tertentu.
  7. Software engineering management berkaitan dengan pengelolaan dan pengukuran RPL, termasuk perencanaan proyek perangkat lunak.
  8. Software engineering tools and methods mencakup kajian teoritis tentang alat bantu dan metode RPL.

Prospek kerja RPL meliputi berikut ini

Game Developer - Dengan menggunakan ilmu yang diperolehnya. Seorang yang menggeluti RPL juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak untuk sebuah game.

Software Tester -  Dengan mengetahui tentang perangkat lunak, di dapat juga berperan khusus sebagai penguji perangkat lunak yang bertanggung jawab atas kebenaran fungsi dari sebuah perangkat lunak. 

Computer Network / Data Communication Engineer - Bertugas merancang arsitektur jaringan, serta melakukan perawatan danpengelolaan jaringan dalam suatuinstansi atauperusahaan. 

Web Engineer / Web Administrator - Bertugas merancang dan membangun website beserta berbagai layanan dan fasilitas berjalan di atasnya. Ia juga bertugas melakukan pemeliharaan untuk website tersebut dan mengembangkannya.

Software Engineer - Berperan dalam pengembangan perangkat lunak untuk berbagai keperluan. Misalnya perangkat lunak untuk pendidikan, telekomunikasi, bisnis, hiburan dan lain-lain, termasuk perangkat lunak untuk model dan simulasi.

System Analyst dan System Integrator - Berperan dalam melakukan analisis terhadap sistem dalam suatu instansi atau perusahaan dan membuat solusi yang integratif dengan memanfaatkan perangkat lunak. 

Intelligent System Developer - Dengan berbagai teknik artificial intelligence yang dipelajarinya, seorang sarjana informatika juga dapat berperan sebagai pengembang perangkat lunak yang intelejen seperti sistem pakar, image recognizer, prediction system, data miner, dll.

Programmer - Baik sebagai system programmer atau application developer. Seorang software engineering dapat di impelmentasikan dalam dunia kerja. Misalnya bidang perbankan, teleko munikasi, industri IT, media, instansi pemerintah, dan lain-lain.

Database Engineer / Database Administrator - Berperan dalam perancangan dan pemeliharaan basis data.

KESIMPULAN

RPL adalah sebuah jurusan yang mempelajari tentang perangkat lunak guna untuk mengembangkan, memlihara dan memanajemen kualitas dari perangkat lunak tersebut. 


Referensi


No comments:

Post a Comment

Adbox