Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Thursday 16 February 2017

Mengenal dan Memahami SOP

Standar Operasional Prosedur


Assalamualaikum Wr. Wb.

LATAR BELAKANG

Kurangnya kepedulian seorang manusia dalam menjalankan sebuah tanggun jawab maupun amanah. Maka dari itu disini saya juga belajar untuk menyesuaikan dengan prosedur yang telah ditentukan.

PENGERTIAN

Menurut Cipto Atmoko, Prosedur standar merupakan pedoman atau arahan untuk melaksanakan tanggung jawab tugas sesuai dengan fungsi dan perangkat untuk analisis kinerja perusahaan pemerintah federal berdasarkan tanda-tanda teknis, manajemen dan juga prosedur kerja yang tepat prosedural, perawatan kerja dan sistem bekerja dari perangkat kerja yang bersangkutan.
  • “Teliti, instruksi diciptakan untuk Mencapai keseragaman efisiensi fitur tertentu”, Pertemuan Internasional tentang Harmonisasi (ICH).
  • “Pesan diciptakan, diidentifikasi dan ditetapkan dalam suatu organisasi untuk membahas cara terbaik untuk pekerjaan, yang tidak, kapan, di mana lokasinya, apa fungsinya dan juga apa jenis laporan.
  • Pengobatan atau perawatan berfungsi atau urutan pelaksanaan pekerjaan yang sebenarnya telah dikembangkan sebagai persyaratan kerja.
  • Terdiri kertas yang terdiri dari prosedur kerja dengan hati-hati, rinci serta sistematis.
  • Statuta atau fase yang dibakukan serta harus lulus untuk menyelesaikan prosedur pekerjaan tertentu.
  • Koleksi bekerja perawatan terhubung satu sama lain, untuk memastikan bahwa mengungkapkan serangkaian langkah jelas dan pasti, dan juga berarti harus diambil dalam rangka penyelesaian tugas daerah.
  • Peraturan atau ketentuan yang dibuat dalam perusahaan yang dapat digunakan sebagai pedoman untuk mendorong dan memobilisasi kelompok dalam melakukan aktivitas fungsional untuk mencapai tujuannya.
  • Sistem informasi administrasi termasuk satu set termasuk bagian dari kedua tangan dan juga elektronik yang ditujukan untuk menyediakan fitur fungsional.
MAKSUD & TUJUAN

  1. Berfungsi untuk menjaga konsistensi tingkat penampilan kinerja atau juga kondisi tertentu serta tujuan petugas dan juga lingkungan pada saat melaksanakan sesuatu tugas ataupun pekerjaan.
  2. Sebagai patokan dalam melaksanan kegiatan tertentu bagi sesama pekerja, dan juga supervisor,
  3. Guna menghindari berbagai kegagalan, ragu-ragu, duplikat, dan juga pemborosan dalam melaksanakan kegiatan.
  4. Sebagai dokumentasi sejarah apabila suatu waktu dibuat revisi SOP yang terbaru.
  5. Digunakan sebagai dkumentasi pelatihan,
  6. Untuk menjelaskan alur tugas, wewenang serta pula tanggung jawab dari petugas yang terkait.
  7. Sebagai “tolak ukur” guna menilai mutu pelayanan.

MANFAAT

  1. Berguna untuk standarisasi cara yang dilaksanakan para pekerja pada saat melaksanakan pekerjaan khusus, mengurangi kesalahan dan juga kelalaian.
  2. Membantu staff agar mereka menjadi lebih mandiri serta tidak bergantung pada intervensi manajemen, dengna begitu akan mengurangi keterlibatan pemimpin dalam pelaksanaan sehari-harinya.
  3. Dapat meningkatkan akuntabilitas.
  4. Dapat menciptakan ukuran standar kinerja yang nantinya diberikan kepada pegawai.
  5. Dapat membuat berbagai bahan pelatihan yang bisa membantu pekerja junior agar dapat cepat dalam melaksanakan pekerjaannya.
  6. Bisa membuat perusahaan atau organisasi menjadi efisien dan dikelola dengan bagus.
  7. Memberikan pedoman untuk setiap pekerja di bagian pelayanan untuk melaksanakan pemberian pelayanan sehari-harinya.

No comments:

Post a Comment

Adbox