Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Random Posts

Banner

Breaking

BitMiner - free and simple next generation Bitcoin mining software

Friday, 4 November 2016

Cara membuat bootable di linux mint menggunakan “ USB IMAGE WRITER ” Serta cara menginstall Linux mint


Assalamu'alaikum Wr. Wb. Disini saya akan merbagi materi tentang bagaimana cara membuat bootable di linux mint menggunakan “USB IMAGE WRITER”. Dan bagaimana cara install linux mint.



1) Cara Bootable di Linux mint menggunakan “USB IMAGE WRITE”
 
  Jika pada windows ketika kita ingin membuat flashdisk bootable, kita mamelukan software ynag digunakan untuk membuat bootable tersebut, dan software tersebutharus kita download terlebih dahulu karena software- tersebut bukan bawaan dari windows seperti UUI dan rufus. Namun tidak jika pada linux mint, kita tidak harus mendownload software pembuat bootable terlebih dahulu, karena software tersebut sudah menjadi bawaan pada Linux. Dan kali ini saya akan mencobanya mengunakan Linux mint.

1. Pertama, kita download dulu ISO linux nya. Untuk mendownload bisa kunjungi website https://linuxmint.com/download.php
2. Kemudian kita format dulu flashdisknya dengan cara klik menu pada Linux mint dan ketikkan “USB Stick Formatter”,  setelah itu format flashdisknya.

3. Setelah kita format, kita buat flashdisk kita menjadi bootable pada Linnux mint dengan klik menu lalu ketikkan perintah “USB IMAGE WRITER”, kemudian pada kolom “Write image” pilih file ISO yang sudah didownload, lalu pada kolom “to” kita masukkan flashdisk yang kita format tadi dan ingin dijadikan bootable, lemudian klik “write” untuk menjadikan flashdisk bootablenya.

4. Setelah selesai proses writenya, flashdisk sudah bisa kita gunakan untuk install linux mint

2) Cara menginstall Linux Mint

  • Pertama, kita atur dulu bootingnya pada flashdisk dengan cara masuk pada BIOS, lalu ubah first bootingnya pada flashdisk.
  • Dari layar pertama pilih pilihan default “Start Linux Mint” dan tekan Enter.

  • Setelah beberapa saat sistem live sudah siap digunakan. Ketika ISO bawaan kailan rusak, sistem live dapat digunakan untuk memback-up data yang tidak sempat kita selamatkan. Setelah kita back-up semua data kita, kita klik pada layar desktop “Install Linux Mint” yang ikonnya CD

  • Lalu akan muncul gambar seperti yang dibawah ini. Disini kita akan memilih bahasa yang akan kita gunakan. Ketika sudah memilih bahasa kita klik “Continue”.




  • disini kita akan ditampilkan informasi, minimal dari ruang kosong hardisk untuk instalasi. Kemudian klik 'Continue' jika sudah cocok.

  • Kemudian kita pilih “Erase disk and install Linux Mint” untuk memformat seluruh hardisknya, namun jika tidak ingin memformat semuanya dan sudah mengatur partisinya maka pilih “Something else”.

  • Setelah itu kita buat partisi yang sesuai dengan kapasitas Harddisknya.
  • Perlu kalian ketahui bahwa dalam mempartisi harddisk terdapat 3 komponen yang penting, yaitu :
- Partisi sebagai Swap (1x RAM kalian), maksudnnya jika kalian mempunyai 2 Gb RAM dalam Laptop kalian, maka kita buat Swapnnya dengan kapasitasnya 2x RAM kalian, jadi Swapnya 4 Gb.
- Partisi sebagai root (/), partisi ini berguna untuk menjadi wadah bagi OSnya itu sendiri.
- Partisi sebagai Logical, Partisi ini untuk menyimpan data -data.


Setelah selesai partisi kita pilih “Install Now”
  • Kemudian muncul gambar seperti dibawah, kita disuruh memilih tempat tinggal untuk mengatur waktunya. Ketika sudah pilih “Continue”

  •  Setelah itu kita memilih jenis keyboardnya. Ketika sudah memilih,klik “Continue”

  • kemudian kita masukkan biodata kita dengan lengkap. Ketika sudah lengkap, klik “Continue”

  • Setelah itu komputer kita akan merestart, dan lepaskan flashdisk bootable yang kita gunakan untuk menginstall linux mintnya.
  • Setelah proses restart selesai, komputer yang kita install sudah bisa kita gunakan.



NB : Untuk konfigurasi yang lain bisa lihat DISINI



Mungkin hanya sedikit saya membagi materi tentang cara bootable flashdisk di linux mint, dan cara instalasi linux mint menggunakan flashdisk bootable. Cukup sekian.

Assamu'alaikum Wr. Wb.

No comments:

Post a Comment

Adbox