Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Saturday 25 February 2017

Membuat Website Sekolah dengan CMS Sekolahku

Membuat Website Sekolah Dengan CMS Sekolahku




PENGERTIAN 

Website Sekolah adalah sebuah web atau portal yang  dibuat untuk memudahkan sebuah sekolah dalam mengelola sekolah tersebut berbasis secara online. Website sekolah  juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran, menjalin hubungan ukhuwah tetap terjaga antara alumni-alumni dan juga sebagai media pendaftaran peserta didik baru secara online. Hal ini sangat memudahkan sekolah dalam mengembangkan sebuah sekolah untuk menjadi sekolah yang terbaik.

LATAR BELAKANG

Pembuatan website sekolahmenjadi salah satu pilihan ketika sebuah sekolah juga mulai terbiasa dengan memanfaatkan teknologi berbasis internet. Untuk itu, sudah selayaknya lembaga pendidikan memiliki website sebagai sarana komunikasi antara guru, siswa dan wali murid. Di samping itu, Website sekolah juga bisa menjadi pusat informasi bagi pengunjung dan mereka yang ingin melanjutkan jenjang pendidikannya lebih tinggi.

MAKSUD & TUJUAN 

  • Informasi sekolah dapat diperoleh dengan mudah dimana saja dan kapan saja. 
  • Meningkatkan tali silaturrahmi dan menjalin hubungan ukhuwah antara alumni dengan alumni, alumni dengan Guru, antara Guru dengan Orang Tua/Wali. 
  • Meningkatkan kredibilitas sekolah di mata masyarakat dalam kesungguhannya meningkatkan kualitas pendidikan.
  • Memudahkan bagi sekolah dalam pendaftaran peserta didik baru secara online.

ALAT & BAHAN

  • PC/Laptop
  • Web Server (Linux : Apache2, php, MySQL/MariaDB) (Windows : XAMPP, WAMPP)
  • File CMS Sekolahku, silahkan download di http://sekolahku.web.id/

LANGKAH KERJA


Pertama install terlebih dahulu web server di PC/laptop anda. Di sini saya menggunakan OS Linux maka saya install LAMP Server di Laptop saya. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat Cara install LAMP di Linux. Dan juga install phpMyAdmin.



Setelah itu Download file cms sekolahku di website resminya. Disitu syarat untuk mendownload yaitu anda harus bergabung di group facebook Sekolahku.Web.Id. Kemudian download filenya.



Setelah selesai mendownloadnya, kemudian masuk ke folder CMS sekolahku tersebut didownload. Kemudian buat folder di direktori server anda dengan nama folder sekolahku, kemudian ekstrak file tersebut ke dalam folder yang telah anda buat di dalam direktori server. Jika di linux letak direktori web servernya terletak di /var/www/html


Jika sudah dipindahkan filenya ke dalam direktori web server. Langkah selanjutnya yaitu membuat database CMS sekolahku. Database ini berfungsi sebagai tempat untuk memudahkan kita dalam menyimpan, membuat, mengedit, mengelompokkan data dalam sebuah server. Cara membuat database di Linux yaitu dengan memasukkan url di browser "localhost/phpmyadmin"


Login terlebih dahulu ke dalam phpmyadminnya.


Kemudian masuk ke tab database, buat database baru dengan nama "db_sekolahku" kemudian pilih create.


Kemudian masuk ke menu import. Kemudian pilih Choose file kemudian pilih file di direktori server anda yang bernama db_sekolahku.sql.



Kemudian pilih Go untuk mengimport file tersebut, tunggu prosesnya hingga selesai.


Setelah itu ketikkan di url browser anda dengan perintah "localhost/sekolahku/login" untuk masuk ke dalam halaman login.


Login dengan menggunakan username dan password "administrator". Berikut adalah tampilan Dashboardnya. 


Dan berikut tampilan websitenya.


Untuk tutorialnya bissa dilihat di group facebook. https://www.facebook.com/groups/cmssekolahku/

Mungkin sekian dari saya, Kurang lebihnya mohon maaf.

Syukron

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Referensi

Buku CMS Sekolahku BLC Telkom Klaten


No comments:

Post a Comment

Adbox