Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Wednesday 15 March 2017

How to Install VirtualBox on Ubuntu 16.10

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi sedikit tentang bagaimana cara install VirtualBox pada Ubuntu 16.10 Sebelum saya melakukan instalasi, saya akan menjelaskan sedikit tentang apa itu VirtualBox

A. Pengertian

  VirtualBox adalah sebuah software atau perangkat lunak yang berfungsi untuk metode pembelajaran dalam menginstall OS (Sistem Operasi) secara virtual. Jadi pada intinya jika kalian ingin belajar menginstall ulang sebuah komputer tidak perlu membongkar dan install ulang, cukup menggunakan VirtualBox. Hanya saja sifatnya virtual, tetapi tidak akan jauh beda dengan hasil aslinya. Kata virtualisasi juga merujuk ke kamus Oxford (Convert "something" to a computer-generated simulation of reality) yang artinya Mengubah atau mengkonversi ke bentuk simulasi dari bentuk yang virtual menjadi real/nyata. Virtual Box juga bisa untuk menginstall beberapa sistem operasi dalam sekali jalan itupun tergantung pada speksifikasi komputer kalian, jika speksifikasi komputer kalian tinggi maka virtual box akan lancar jaya. Tapi jika speksifikasi komputer kalian rendah juga masih bisa tapi prosesnya lama atau loadingnya lama karena Virtual Box memakan RAM di komputer kalian.


B. Latar Belakang

  Karena perkembangan teknologi yang semakin cepat, dan juga banyaknya yang ahli di dalam bidang IT maka semakin cepatlah pertumbuhan sistem-sistem operasi. Coba kita hitung sudah berapa banyak sistem operasi yang telah diciptakan atau dibuat. Jika kita hanya mengandalkan komputer yang asli saja maka tidaklah kuat oleh karena itu diciptakanlah VirtualBox itu untuk mempermudah bagi kita dalam mencoba atau menggunakan Sistem Operasi dalam mode virtual.

C. Maksud dan Tujuan

  Menginstall VirtualBox di Ubuntu 16.10 bertujuan untuk menciptakan virtualisasi dari sistem operasi yang kita inginkan.

D. Jangka Waktu

  Jangka waktu yang dibutuhkan untuk instalasi VirtualBox pada Ubuntu 16.10 ini kurang lebih 30 menit.

E. Alat dan Bahan
  1. Laptop / PC
  2. Akses internet
F. Langkah Kerja

1. Pertama, kita buka terlebih dahulu terminal pada Ubuntu 16.10 dan masuk kedalam super user


2. Setelah masuk kedalam super user, kita bisa lakukan update dan dist-upgrade terlebih dahulu dengan cara
#apt-get update ; apt-get dist-upgrade -y

3. Setelah kita melakukan update dan dist-upgrade, kita bisa lakukan instalasi dengan memberi perintah pada terminal 
#apt-get install virtualbox -y

4. Tunggu proses instalasi selesai dan ketika sudah selesai, kita bisa jalankan virtualbox melalui terminal hanya dengan mengetikkan
#virtualbox

5. Kemudian setelah kita mengetikkan seperti diatas, virtualbox akan berjalan


G. Kesimpulan

  Menginstall aplikasi di linux mint tidak sesulit yang kita pikirkan. Itu semua tergantung pada repositorynya sudah di tambahkan atau belum. Selamat belajar kawan !!!


NB : Untuk konfigurasi yang lain bisa lihat DISINI


Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan. Sekian.
Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

No comments:

Post a Comment

Adbox