Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Thursday 8 December 2016

Cara Install Nagios3 Pada Debian 8.6 Server

Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tentang bagaimana cara install Nagios itu. Sebelum kita install kita harus mengerti dulu apa sih yang dimaksud dengan Nagios ? Yuk kita bahas di bawah
    A. Pengertian
        Nagios adalah software untuk memonitor kompleks infrastruktur TI . Nagios menyediakan paket modul terkait untuk pemantauan jaringan ,host ,dan khusus layanan , serta antarmuka web untuk query data yang dikumpulkan. Hal ini berlisensi di bawah GNU GPL , dan karena itu perangkat lunak bebas dan berjalan pada banyak Unix seperti sistem operasi. Nagios dan logo nagios adalah merek dagang terdaftar dari Ethan Galstad.
        B. Latar Belakang
            Nagios adalah sebuah software yang digunakan untuk memonitoring sebuah server. Nah, pada kesempatan kali in saya mempunyai server dan saya akan menginstall Nagios yang digunakan untuk memonitoring kinerja server saya. Jadi saya bisa melihat apa yang dikerjakan oleh server saya.
            C. Maksud dan Tujuan
                Maksud dan tujuan dari kegiatan kali ini saya akan memonitoring server saya agar saya tau apa sih yang sedang dilakukan oleh server saya dan bagaimana kinerja dari server saya.
                D. Jangka Waktu
                    Jangka waktu yang digunakan untuk install Nagios ini kurang lebih 15 menit untuk pemula.
                    E. Alat dan Bahan
                      1. Server
                      2. PC untuk meremote
                      3. Akses internet
                        F. Langkah Kerja
                          1. Pertama kita install dulu nagios3 pada termial dengan perintah 
                          #apt-get install nagios3 nagios-nrpe-plugin

                          2. Pada saat proses instalasi berjalan, nagios akan meminta password buat administration. Kita isikan password kita sesuai dengan keinginan.


                          3. Kemudian dia akan meminta ulang password yang kita isikan tadi atau biasa disebut verifikasi password.





                          4. Kemudian kita beri perintah pada terminal.
                          #usermod -a -G nagios www-data
                          #chmod -R +x /var/lib/nagios3/

                          5. Setelah itu kita bisa masuk kedalam direktori nagios.cfg dengan perintah
                          #nano /etc/nagios3/nagios.cfg




                          6. Nah, pada direktori tersebut kita ubah check_external_commands=0 menjadi check_external_commands=1


                          Jangan lupa disave dengan cara ctrl + x lalu Y dan enter

                          7. kemudian kita restart nagiosnya dengan perintah
                          #/etc/init.d/nagios3 restart

                          8. Kemudian, coba kita akses melalui web dengan cara ketikkan IP-Server/nagios3 dan kita masukkan username dan password yang sudah kita buat tadi


                          9. Kalau sudah bisa masuk tampilan Nagios akan seperti dibawah


                            G. Kesimpulan
                                Kesimpulan dari kegitan kali ini adalah saya sudah bisa memonitoring server saya dan saya bisa melihat kinerja yang dilakukan oleh server dan apa yang sedang dilakukan oleh server saya.
                                H. Referensi
                                  1. https://de.wikipedia.org/wiki/Nagios
                                  2. http://hamimtkjblc.blogspot.co.id/2016/11/cara-install-nagios-pada-debian-860.html

                                  NB : Untuk konfigurasi yang lain bisa lihat DISINI

                                  Mungkin hanya ini yang bisa saya bagikan. Sekian.
                                  Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

                                    1 comment:

                                    1. minta bantuan dong mas ini pas masuk web login nya apa? saya ko g bisa masuk

                                      ReplyDelete

                                    Adbox