Ahmad Faizin

"Sebarkan ilmu walau hanya satu ayat ^^"

Breaking

Tuesday 1 November 2016

Pengenalan tentang Linux



Assalamu'alaikum Wr. Wb. Disini saya akan berbagi informasi tentang Linux.

     A. Pegertian 
      Linux merupakan salah satu sistem operasi yang dibuat oleh Linus Benedict Torvalds pada tahun 1991 ketika dia masih menjadi seorang mahasiswa di Universitas Helsinki. Linux adalah sebuah sistem operasi yang bersifat open source/bebas mengakses dan setiap orang pun dapat memodifikasinya sedemikian rupa.

        B. Latar Belakang
             Saat ini sebagian besar perusahaan menggunakan Linux sebagai sistem operasi pada linux. Linux mudah berkembang dengan cepat karena bersifat open source. Banyak perusahaan yang menggunakan linux karena sistem operasi windows banyak yang berlisensi atau berbayar.

            C. Maksud dan Tujuan
                 Maksud dan tujuan dari pembuatan artiel ini hanya untuk memperkenalkan kepada pembaca mengenal apa itu linux, keunggulan linux dan
              Mengapa banyak orang sering menggunakan Linux.

                D. Isi
                  Berikut keunggulan Linux :
                  1. Aman dari virus. Bukan berarti Linux tidak ada virusnya, Linux sebenarnya ada juga virusnya tetapi virus tersebut tidak dapat berkembang seperti yang dialami oleh sistem operasi yang lain yang hingga bisa merusak hardware yang terkena virus. Mengapa virus tidak dapat berkembang di Linux ? Karena linux setiap kita ingin membuka perintah penting linux akan selalu meminta password kepada kita.
                  2. Open source/bebas mengakses. Setiap orang bisa mengakses Linux tanpa harus mengeluarkan uang. Karena Linux tidak memiliki aplikasi yang bersifat berbayar yang butuh lisensi atau close source.
                  3. Tidak memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi. Untuk menginstall Linux kita tidak perlu memiliki spesifikasi komputer yang tinggi, karena linux cukup ringan. Linux sudah dapat digunakan dengan maksimal oleh komputer yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi.
                  4. Linux dapat menjalankan aplikasi Windows. Linux telah menyediakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan aplikasi yang ada di Windows. Aplikasi tersebut adalah Wine. Wine dapat menjalankan semua aplikasi windows yang seharusnya tidak dapat dijalankan oleh Linux.
                  5. Handal sebagai personal dan server. Dari dulu hingga sekarang Linux terkenal dengan sistem operasi yang paling baik securitynya untuk digunakan sebagai server suatu perusahaan/ instansi tertentu.

                  Mengenal perkembangan Linux
                    Linux berkembang begitu cepat. Ada berbagai ragam jenis Linux yang telah tersebar saat ini. Dari berbagai ragam jenis Linux, mereka memiliki kelebihan-kelebihan tersendiri. Mengapa perkembangan Linux begitu cepat ? Seperti yang sudah dibahas diatas tadi, Linux adalah sistem operasi yang bersifat open source/bebas mengakses. Jadi memungkinkan banyak orang untuk memodifikasi sebuah sistem operasi Linux sedemikian rupa.
                     
                    Berikut ini beberapa jenis Linux yang cukup familiar dan sering dipakai perseorangan :
                  1. Linux Mint
                  2. Debian
                  3. Ubuntu
                  4. Fedora
                  5. CentOS

                  Beberapa sistem operasi Linux yang dikembangkan oleh perorangan Indonesia :
                  1. Blankon
                  2. IGOS Linux
                  3. Garuda
                     
                    E. Kesimpulan 
                      Jadi kita lebih mengerti dan lebih paham lagi tentang perkembangan linux ini. Karena linux Open Source kita bisa mengembangkannya sendiri.

                    F. Referensi
                      1. http://203.130.243.185/data/eBook%20TKJ/ubuntu-untuk-semua.pdf
                      NB : Untuk konfigurasi yang lain bisa lihat DISINI
                        Mungkin hanya itu yang bisa saya bagikan dari pengenalan tentang Linux.
                        Assalamu'alaikum Wr. Wb.

                        2 comments:

                        Adbox